Wisata Baduy

Hal Yang Harus di Persiapkan Sebelum Pergi ke Wisata Baduy

Ingin Pergi ke Wisata Baduy? Yuk Persiapan Dulu! – Siapa yang tidak tahu Suku Baduy? Suku pedalaman yang saat ini menjadi salah satu tujuan wisata yang ada di Banten. Meskipun di tengah kemajuan teknologi yang ada saat ini, ternyata suku Baduy masih mempertahankan kearifan lokal yang dimilikinya.

Perkampungan suku Baduy menjadi tujuan para traveler untuk menikmati wisata Baduy. Mereka datang kesana ingin mengetahui tentang kehidupan dan budaya yang ada di dalamnya.

Biasanya wisatawan merupakan para siswa dari berbagai sekolah hingga mahasiswa yang ingin belajar budaya. Hal semacam ini menjadi sangat menarik, karena memang ada beberapa hal yang perlu dibagikan kepada masyarakat luas.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Suku Baduy, sebaiknya mempersiapkan beberapa hal ini agar bisa menikmati wisata Baduy lebih maksimal:

1. Siapkan Kondisi Badan yang Fit

Para traveler yang ingin melakukan wisata ke Baduy, tentunya harus memiliki kondisi tubuh yang sehat dan fit. Bawalah obat-obatan yang diperlukan, karena saat menyusuri perkampungan baduy kita tidak bisa membawa kendaraan.

Semua aktivitas dilakukan dengan berjalan kaki, sehingga anda tidak boleh dalam keadaan kurang fit saat kesana. Biasanya pengunjung diwajibkan menitipkan kendaraannya begitu sampai di desa Ciboleger yang merupakan desa terakhir saat masuk wilayah Suku Baduy.

2. Tidak Sendirian

Sebaiknya bagi anda yang ingin solo traveler ke wisata baduy mengurungkan niatnya, karena tips lain ketika ingin ke wisata baduy harus bersama teman. Setidaknya bawa 1 atau 2 teman untuk melakukan perjalanan kesana.

Selain akan terasa lebih seru, anda juga bisa membawa bahan logistik secara merata sehingga lebih ringan. Seperti halnya pergi mendaki gunung, anda juga harus berkelompok saat ingin ke wisata Baduy ini. Bahkan akan lebih baik lagi jika salah satu dari rombongan bisa berbahasa sunda.

3. Bawa Bahan Logistik

Jangan lupa untuk membawa bahan logistik karena saat sudah berada di area perkampungan sudah tidak ada pasar disana. Toko kelontong yang menjual barang atau bahan makanan juga tidak ada.

Masyarakat suku baduy biasanya membeli bahan makanan di Ciboleger, yaitu desa terakhir sebelum masuk perkampungan baduy luar. Masyarakat biasanya menyimpan pertaniannya seperti beras ke dalam lumbung yang biasanya disebut leuit.

Bawalah makanan mentah seperti beras, mie instan, sayur hingga ikan karena mereka suka dengan ikan asin. Bahan logistic ini nantinya bisa anda serahkan ke pemilik rumah nanti yang akan anda tinggali untuk bermalam.

Jika nantinya bahan sisa makanan masih ada, anda bisa meninggalkan bahan tersebut untuk si pemilik rumah.

4. Bawa Alat Outdoor

Penerangan di perkampungan wisata baduy tentunya sangat minim, karena tidak ada aliran listrik disana. Meskipun ada penerangan, mereka hanya menggunakan sentir dari minyak sayur saja, atau menggunakan lampu tenaga surya yang dijemur pada siang hari.

5. Sandal atau Sepatu Gunung

Medan untuk pergi ke wisata baduy tentunya sangat sulit, karena letaknya berada di gunung Halimun. Karena jalurnya masih sangat alami dan berbatu, ditambah dengan tekstur tanah merah yang licin membuat anda harus menggunakan sepatu gunung.

Setidaknya agar lebh safety, anda harus menggunakan peralatan yang memang biasa digunakan untuk mendaki gunung.

6. MCK – Baduy Luar

Bagi anda yang tidak terbiasa hidup seperti masyarakat suku Baduy yang mandi, cuci piring, cuci baju hingga buang air di sungai. Sebaiknya anda menginap saja di baduy luar karena disana terdapat MCK yang bisa anda gunakan untuk melakukan aktivitas tersebut.

7. Ajak Penduduk Untuk Mengantar Anda ke Baduy Dalam

Bagi anda yang ingin pergi ke baduy dalam, sebaiknya anda ajak penduduk dari baduy luar. Meskipun jalannya hanya satu, tetapi anda bisa sekalian belajar adat masyarakat lokal disana nantinya.

Itulah informasi tentang wisata baduy dan persiapan apa saja yang perlu anda perhatikan saat ingin kesana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *